Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google

Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google
Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google
Selamat Gini hari kakak... lama nggak posting nih, kali ini Ilmurental pengen posting cara mudah membuat sitelinks biar muncul di pencarian google 

Penggunaan internet makin kesini semakin meningkat, dan sudah tidak bisa dipungkiri lagi kalau Google adalah salah satu mesin pencarian yang populer bagi kalangan pengguna internet. Dengan demikian bagi para blogger atau webmaster, hal ini bisa dijadikan untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog atau website dari hasil pencarian Google. Banyak cara untuk mendapatkan banyak pengunjung dari hasil pencarian di Google ke blog kita,  salah satunya yaitu dengan membuat sitelinks. 

Sebelum saya menjelaskan bagaimana cara mudah membuat sitelinks di hasil pencarian Google, saya akan menjelaskan dulu apa itu yang dimaksud sitelinks. 
Sitelinks adalah hasil pencarian dari Google yang memiliki karakteristik tertentu, yang mana link utama dari hasil pencarian akan di ikuti dibagian bawahnya terdapat daftar-daftar link dari blog atau website tersebut. Sitelinks pada setiap blog atau website yang diberikan oleh pihak Google tidak menentu, bisa hanya 2 kolom, 4 kolom, 8 kolom, dan bahkan bisa lebih banyak dari itu.

Manfaat sitelinks tentu sangat berarti bagi para blogger atau webmaster, karena dengan mendapatkannya sitelinks yang diberikan oleh Google untuk blog atau website yang kita miliki, maka akan membuat blog atau website kita jadi lebih banyak pengunjung dan tampilan di hasil pencarian bakal jadi lebih menarik.


Lalu bagaimana cara mendapatkan sitelinks dari Google, saya akan menguraikan cara-caranya baik itu dengan cara alami atau otomatis yang diberikan oleh pihak Google, dan cara manual menggunakan fasilitas webmasters tools. Bagi Anda yang blog atau website nya belum di daftarkan ke Google silahkan daftarkan terlebih dahulu.



Cara Membuat Sitelinks

Jika Anda ingin cepat mendapatkan sitelinks dengan cepat, maka silahkan ikuti langkah-langkah yang saya berikan berikut ini. Ini semua berdasarkan hasil pengalaman saya sehingga bisa mendapatkan sitelinks 6 kolom seperti contoh gambar diatas.


1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah update artikel setiap hari antara satu sampai dua artikel, lebih baik update artikel sedikit tetapi memiliki kualitas artikel yang bagus dan selalu rutin dijalankan setiap hari, daripada update banyak dalam sehari tetapi tidak rutin dan kualitas artikel kurang bagus.



2. Lakukan cara-cara supaya artikel cepat terindex oleh Google dengan menggunakan webmasters tools, dengan tujuan artikel kita bisa muncul dihalaman pencarian Google sehingga bisa mendapatkan banyak pengunjung.



3. Pada langkah ini Anda bisa melakukan cara manual yaitu dengan menggunakan fasilitas yang di berikan oleh Google Webmasters Tools, silahkan langsung disimak saja berikut ini :

  • Login ke Google Webmasters Tools, kemudian pilih blog yang akan dibuat sitelinks.
  • Pada halaman Dashboard pilih menu "Search Appearance", kemudian klik "Sitelinks".
Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google
  •  Selanjutnya akan muncul halaman yang mana terdapat dua kolom untuk mengisikan URL. Untuk kolom yang pertama silahkan dikosongkan saja, sementara untuk kolom yang kedua silahkan masukan alamat URL Anda yang ingin ditampilkan, setelah itu klik tombol "Demote".
Cara Mudah Membuat Sitelinks di Hasil Pencarian Google


Setelah proses diatas selesai semua silahkan Anda tinggal menunggu saja, pihak Google akan memproses dari link URL yang telah Anda Demote. Waktu munculnya sitelinks berbeda-beda ada yang bisa dalam hitungan 2 hari langsung muncul, bahkan bisa satu sampai dua minggu baru muncul. Berdasarkan pengalaman saya, sitelinks yang saya buat dalam waktu 5 hari sudah muncul di hasil percarian Google.


Sekian dulu uraian dari saya mengenai cara mudah membuat sitelinks di hasil pencarian Google, semoga apa yang saya sampaikan bisa bermanfaat.

    Advertisement