Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser

Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser
Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser
Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser - Seringkali kali kita menemukan dan mengalaminya disaat sedang asiknya browsing baik itu sedang membaca berita online, sedang online di medsos, atau bahkan sedang ngeblog, tiba-tiba muncul iklan yang aneh-aneh dihalaman browser yang sedang kita gunakan entah darimana datangnya tiba-tiba muncul begitu saja. 

Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada BrowserHal ini pernah saya alami juga dan membuat saya jengkel karena sangat mengganggu sekali. Bagaimana tidak kesal dan jengkel, disaat sedang asik-asiknya malah kita diganggu dengan munculnya iklan pop-up pada browser seperti itu. Dengan kejadian seperti itu menurut pakar-pakar ahli bahwa komputer kita sudah terserang malware atau adware, mungkin masih banyak yang belum mengetahui apa itu malware atau adware dan bagaimana bisa masuk ke browser atau komputer kita.

Malware (Malicious Software) adalah program yang dirancang dengan tujuan untuk merusak dan menyusup ke sistem komputer. Tipe-tipe malware seperti virus, worm, trojan horse, spyware, serta software-software lain yang berbahaya.
Malware yang berupa iklan-iklan yang muncul pada komputer atau halaman browser bukanlah virus, itu semua merupakan software-software dengan tujuan tertentu yang hanya untuk meraup keuntungan dengan bermunculannya iklan-iklan yang tidak di kehendaki pada halaman browser yang kita gunakan.

Malware akan masuk biasanya disaat kita melakukan aktifitas download dan install aplikasi dari hasil download yang mungkin dianggapnya software yang kita inginkan tetapi sebenarnya hanya software tipuan yang merupakan aplikasi malware.

Adware adalah bentuk iklan produk atau layanan penawaran yang merupakan  bagian dari situs web atau aplikasi. Script yang ditulis pada suatu halaman web memungkinkan adware untuk berjalan sendiri (autorun applications) yang akan muncul pada saat kita berselancar di suatu situs tertentu.

Sebagian besar Adware tertanam didalam aplikasi-aplikasi gratisan, seperti MyWay Searchbar dengan fitur-fitur layanannya seperti SmileyCentral, Zwinky, dan WeatherBug. Adware dapat menempel pada komputer apabila anda melakukan aktifitas browsing internet.
 
Jika browser atau komputer Anda pada saat melakukan browsing memiliki ciri-ciri seperti berikut ini, maka bisa dipastikan bahwa komputer Anda sudah terserang malware atau adware.
  • Browser langsung error pada saat dibuka.
  • Akses internet sangat lambat tidak seperti biasanya.
  • Tidak masuk ke google, yahoo, atau halaman pencarian lainnya, tetapi malah langsung masuk ke link yang aneh seperti mysearch, ask, dan sebagainya.
  • Sering munculnya pop-up iklan yang aneh-aneh dihalaman browser.
  • Membukanya tab baru dan masuk ke link-link yang aneh.
  • Munculnya pop-up berbahasa aneh (seperti bahasa China).
Untuk mengatasi malware / adware pada browser, saya akan uraikan langkah-langkahnya silahkan Anda langsung simak saja berikut ini :

Langkah ke#1. Booting masuk mode Safe Mode, bagi yang belum tau cara masuk ke Safe Mode silahkan tekan F8 berulang-ulang dari mulai booting. Kemudian pilih "Safe Mode With Networking".


Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser

Langkah ke #2. Download software AdwCleaner dan Malwarebytes. Kemudian install software tersebut dan jangan lupa update, selanjtnya jalankan scan pada keduanya. Setelah selesai melakukan scan silahkan di restart dulu komputernya, dan jangan lupa masuk kembali ke mode "Safe Mode".

Langkah ke #3. Masih pada mode "Safe Mode", pada kotak search windows ketik "msconfig" lalu pilih dan jalankan "msconfig.exe". Pada halaman msconfig pilih menu "Services", centang "Hide all Microsoft services", matikan atau kosongkan centang services yang mencurigakan atau bila perlu bisa juga pilih "Disable all", kemudian klik "Apply".

Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser

Langkah ke #4. Masih pada halaman msconfig, pilih menu "Startup" kemudian hilangkan centang atau disable starup yang mencurigakan. Kemudian klik "Apply" lalu klik "OK".

Cara Menghilangkan Malware / Adware (Pop-Up Iklan) Pada Browser


Langkah ke #5. Uninstal browser yang bermasalahnya baik itu chrome atau firefox, kemudian instal lagi browsernya usahakan menggunakan versi terbaru. Setelah browser terinstall, lalu instal ekstention seperti Adblock Plus untuk mencegah iklan-iklan. Selanjutnya silahkan restart kembali komputernya dan masuk ke windows secara normal (bukan safe mode).

Langkah ke #6. Update dan jalankan antivirus yang Anda miliki, tetapi saya sarankan menggunakan antivirus Microsoft Security Essentials atau Windows Defender yang sudah di update.

Langkah ke #7. Cek program-program yang terinstal pada komputer Anda yang terletak pada Control Panel, kemudian uninstal aplikasi-aplikasi yang mencurigakan atau yang tidak Anda perlukan. Selanjutnya silahkan restart kembali komputernya.

Setelah langkah-langkah diatas dilakukan semua, maka malware atau adware yang ada pada browser atau komputer Anda akan hilang. Saran dari saya jangan menggunakan antivirus lokal yang belum teruji dan tentunya antivirus harus selalu update, hati-hati dalam menginstal aplikasi jangan sampe ada aplikasi tambahan yang dengan tidak sengaja kita instal, hindari memakai aplikasi auto detect dan instal multi driver.

Sekian dulu uraian dari saya mengenai cara menghilangkan malware / adware (pop-up iklan) pada browser, jika ada pertanyaan atau ada yang belum dipahami silahkan tinggalkan pesan dikolom komentar.
Advertisement