Cara Merubah Permalink Blog Menjadi Lebih SEO Friendly - Ilmu Rental

Cara Merubah Permalink Blog Menjadi Lebih SEO Friendly - Ilmu Rental
Cara Merubah Permalink Blog Menjadi Lebih SEO Friendly - Ilmu Rental
Menjadikan blog kesayangan untuk lebih SEO friendly merupakan suatu keharusan untuk para blogger dalam membangun blog nya menjadi lebih baik, mungkin masih ada para blogger khususnya bagi pemula yang belum mengetahui faktor-faktor dalam optimasi SEO pada blog miliknya. Maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan salah satu faktor dalam optimasi SEO on page yaitu cara merubah permalink blog menjadi lebih SEO friendly
Pengertian Permalink
Permalink merupakan singkatan dari permanen link atau bisa disebut juga tautan permanen, yang mana mempunyai arti yaitu link URL permanen yang dimiliki oleh setiap halaman blog yang bisa dijadikan oleh pengunjung atau pengguna internet sebagai referensi untuk memudahkan dalam mengakses alamat URL dari artikel yang diinginkan.

Link URL dari sebuah halaman blog atau situs jika sudah di publish sifatnya permanen alias tidak bisa dirubah dengan kata lain yang disebut dengan permalink, karena jika dirubah maka akan dianggap sebagai postingan baru oleh search engine meski isi konten sama.


Permalink pada blog yang menggunakan platform blogspot sebenarnya sudah di generate secara otomatis. Ketika membuat artikel kemudian artikel tersebut di publish, maka blogspot akan membuatkan URL permalink tersebut yang mana alamat URL nya akan menyesuaikan berdasarkan text dari judul artikel tersebut.

Untuk Apa Permalink Dirubah?

Mungkin bagi kakak yang baru mengetahui tentang permalink ingin mengetahui untuk apa sebenarnya permalink harus dirubah dan apakah ada kelebihannya, untuk lebih jelasnya silahkan langsung disimak saja berikut ini :



1. Meletakan Keywoard Yang Diinginkan

Jika Kakak mempunyai blog yang menggunakan platform blogspot tentu mengetahui kalau alamat URL dari postingan artikel terkadang alamatnya tidak sesuai yang dinginkan, dan terkadang kata kunci (keywoard) tidak muncul di URL nya karena saking pangjangnya judul artikel yang kakak buat. Hal itu semua tidak lepas dari blogspot yang melakukan generate link URL secara otomatis berdasarkan dari text judul artikel itu sendiri, dan jika judul terlalu panjang maka URL tidak akan sepenuhnya muncul.



Dengan merubahnya permalink pada postingan blog kakak, maka itu sudah masuk ke salah satu faktor dalam melakukan optimasi SEO On Page. Permalink yang dirubah tentu kita bisa menempatkan kata kunci (keywoard) yang diinginkan dari permalink tersebut.




2. URL Lebih Pendek dan Mudah Diingat

Dengan URL yang lebih pendek tentunya akan lebih mudah dibaca dan ingat oleh para pengunjungnya dan akan lebih baik juga dimata search engine. Permalink pada blogspot akan menyesuaikan kata-kata dari judul artikel yang dipublish, dan jika judul artikel tersebut sangat panjang maka permalink tidak akan menampilkan seluruhnya. 



Dengan demikian akan sangat tidak baik jika tidak dilakukan modifikasi pada permalinknya, karena URL yang panjang menjadikan susah diingat dan yang paling utamanya kata kunci yang dinginkan bisa-bisa tidak muncul dan itu sangat merugikan.




Alamat URL yang pendek diantara 3 sampai 5 suku kata tentunya sangat baik dimata search engine, jika Kakak ingin postingan artikel blog lebih SEO friendly tentunya Kakak harus melakukan custom permalink. 


Cara Merubah Permalink Blog

Cara merubah permalink yang saya bahas kali ini merupakan permalink yang ada pada blog yang menggunakan platform blogspot, caranya tentu sangat mudah dan perlu diingat untuk melakukan perubahan permalink yaitu disaat Kakak dalam kondisi pembuatan postingan yang belum di publish. Jika Kakak melakukan perubahan setelah artikel di publish, maka permalink tersebut dianggap permalink baru oleh search engine. Langsung saja disimak langkah-langkahnya berikut ini :



Langkah ke #1. Silahkan Kakak buat artikel baru dengan catatan jangan dulu dipublish.


Langkah ke #2. Setelah Kakak berada dihalaman postingan yang belum di publish, silahkan klik menu "Tautan permanen" yang ada di sisi sebelah kanan.

Langkah ke #3. Silahkan klik "Tautan permanen khusus", kemudian isikan link untuk struktur permalink sesuai yang Kakak inginkan. Perlu diingat untuk memisahkan setiap kata silahkan menggunakan tanda dash (-), serta usahakan permalink sependek mungkin dan yang palin penting mengandung kata kunci (keyword). Bisa Kakak lihat contoh gambar dibwah ini.
Cara Merubah Permalink Blog Menjadi Lebih SEO Friendly



Setelah Kakak selesai merubah permalink seperti cara diatas, maka Kakak akan memiliki postingan artikel yang alamat URL nya lebih pendek dan tentunya akan menjadi lebih SEO friendly. Sekian dulu uraian dari saya mengenai cara merubah permalink blog menjadi lebih SEO friendly, jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan kirimkan pesan dikolom komentar.
Advertisement